Hiiy, Mobil Jaguar Nanti Bisa Membaca Pikiran Orang

Arif Arianto - detikOto
Kamis, 18/06/2015 16:37 WIB

Hiiy, Mobil Jaguar Nanti Bisa Membaca Pikiran Orang
Whitley, Inggris -Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Jaguar, tengah mengembangkan mobil yang memiliki indera keenam. Artinya mobil itu bisa membaca pikiran orang, yakni mengukur tingkat konsentrasi pengemudi melalui gelombang otaknya.

Jaguar mengatakan penciptaan teknologi tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko kecelakaan yang diakibatkan lalaian pengemudi.

Walhasil, nyawa orang – dan tidak hanya pengemudi tetapi juga pengguna jalan lainnya – juga bisa diselamatkan.

Pabrikan itu menyebutkan melalui pengukuran tingkat konsentrasi pengemudi melalui gelombang yang disebut mind send itu akan diketahui seberapa tingkat stres, konsentrasi, hingga perasaan gembira yang berlebihan dari seorang pengemudi.

Teknologi berbasis sensor itu juga bisa mengetahui, jika pengemudi dalam kondisi mengantuk atau terlena karena sebab lain.

“Jika aktivitas otak mengindikasikan tengah melamun atau tengah sulit berkonsentrasi, lingkar kemudi atau pedal akan bergetar sehingga kesadaran pengendara meningkat dan mereka bisa berkendara lagi,” ujar Direktur Riset dan Teknologi Jaguar Land Rover Wolfgang Epple.

“Jika Mind Sense tidak mendeteksi lonjakan aktivitas otak setelah mobil memberikan peringatan lewat audio dan visual, maka Mind Sense akan memunculkan lagi peringatan tersebut atau berkomunikasi dengan pengendara dengan cara yang lain, sehingga si pengendara tahu tentang potensi bahaya yang akan dihadapi,” tambahnya.

Namun tak seperti metode konvensional, yang membaca gelombang otak melalui sensor dengan memasang scanner melingkar di kepala seseorang, teknologi anyar Jaguar itu mengadopsi metode yang digunakan lembaga antariksa Amerika, NASA.

Cara itu digunakan lembaga tersebut ketika meneliti kemampuan otak dan konsentrasi pilot atau tim kereta luncur salju untuk tetap fokus pada kendaraan yang mereka kemudikan dan lingkungan sekitar.

Sensor pemindai gelombang otak tersebut dipasang pada lingkar kemudi mobil. Kemudian hasil pemindaian dikirim ke komputer mobil dan hasil analisa itulah yang akan menjadi referensi bagi mobil untuk melakukan respon terjadi kondisi yang ada, termasuk mengingatkan pengemudi.

Sejalan dengan penemuan teknologi yang beberapa lalu dipamerkan di pusat penelitian Jaguar and Land Rover di Gaydon, Warwickshire, Inggris, itu para peneliti juga berupaya mencari teknologi yang bisa mengurangi memudarnya konsentrasi para pengemudi. Artinya, konsentrasi mereka tetap terjaga selama mengemudikan mobil.


EmoticonEmoticon