Honda Siapkan Jazz Hybrid Paling Irit BBM

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 02/06/2015 08:35 WIB

Honda Siapkan Jazz Hybrid Paling Irit BBM
Tokyo -Honda Motors Company bertekad merebut kembali predikat mobil hybrid paling irit bahan bakar di Jepang untuk Honda Fit (Jazz) hybrid yang diluncurkannya pada 2013 lalu. Pabrikan ini tengah menyiapkan versi terbaru Honda Jazz hybrid yang diklaim bakal menjadi mobil paling irit BBM di Jepang.

Seperti diwartakan Indianautosblog, Selasa (2/6/2015), setelah Honda menggelontorkan Honda Jazz hybrid pada 2013 di Jepang, Toyota Motor Corporationmenyodorkan mobil sejenis Toyota Aqua, yang ternyata lebih irit BBM,

Jika tingkat konsumsi BBM mesin konvensional ( selain dilengkapi motor listrik, mobil hibryd juga masih mengusung mesin konvensional) Honda Jazz hybrid saat ini 36,4 km/liter. Hal ini dikarenakan mobil berpenggerak roda depan itu menggunakan dua sumber tenaga dan transmisi i-DCD (intelligent dual clutch drive) tujuh tingkat percepatan.

Sementara tingkat konsumsi Toyota Aqua mencapai 37 km/liter. Hal itu terjadi, karena selain menggunakan sumber tenaga, Toyota juga menggunakan teknologi penghilang gesekan pada mesin.

“Saat ini Honda sedang mulai mengerjakan Honda Jazz hybrid facelift yang digadang-gadang menjadi mobil paling irit itu,” bunyi laporan CarSensor yang dikutip laman ini.

Selain melakukan ubahan di sektor mesin Honda juga mengubah tampilan Jazz hybrid. Ubahan itu dilakukan mulai dari bumper depan, lampu utama yang menggunakan LED, dan lainnya. Kabarnya Honda bakal menggunakan lampu LED Honda City untuk Jazz hybrid anyar tersebut.
Honda dan pabrikan lainnya di Jepang memang tengah memacu diri untuk menggenjot produksi mobil hybrid. Langkah itu dilakukan menyusul kabar tentang rencana pemerintah Negeri Matahari Terbit itu yang bakal memangkas insentif pajak bagi mobil bermesin konvensional namun irit BBM.
Sebaliknya pemerintah akan menambah insentif bagi mobil berteknologi hybrid, plug-in hybrid, dan listrik atau lainnya yang semakin irit atau tanpa BBM. Hal itu dimaksudkan untuk memasyarakatkan mobil yang sangat hemat atau bahkan yang tidak mengkonsumsi bahan bakar.
(arf/arf)


EmoticonEmoticon