Siapa Julie Hamp, Bos Wanita Toyota yang Dicokok Polisi Jepang?

Arif Arianto - detikOto
Jumat, 19/06/2015 17:13 WIB

Siapa Julie Hamp, Bos Wanita Toyota yang Dicokok Polisi Jepang?
Tokyo -Kepala Komunikasi Toyota Motor Corp, Julie Hamp ditahan kepolisian Jepang. Dia disangka melanggar hukum Jepang dengan menerima paket obat pereda nyeri sebanyak 60 tablet di Tokyo.

Paket itu dikirimkan lewat pos dari Amerika menuju bandar udara Narita, Tokyo. Sebenarnya siapa Hamp?

Hamp adalah managing officer wanita pertama di Toyota. Hamp dipromosikan untuk memangku jabatannya sekarang pada April lalu bersama Kepala Toyota Eropa Didier Leroy dan warga Afrika-Amerika Christopher Reynolds yang masing-masing menduduki jabatan eksekutif.

Hamp bekerja di Tokyo, dan memimpin segala hubungan publik Toyota global. Dia melapor kepada Shigeru Hayakawa, senior managing officer Toyota.

Sebelum ke kantor pusat Toyota di Jepang, Hamp adalah kepala komunikasi Toyota Amerika Utara. Sebelum bergabung dengan Toyota, Hamp bekerja di PepsiCo, dan GM Eropa yang berkantor di Zurich, Swiss.

Wanita kelahiran Queens, NY, Amerika ini diangkat menjadi managing officer Toyota. Dia tercatat sebagai wanita pertama yang memegang posisi itu.

Pengangkatannya tak lepas dari kebijakan Perdana Menteri Shinzo Abe yang meminta perusahaan Jepang untuk memberikan porsi jabatan dan pekerjaan sebesar 30 persen kepada perempuan.

Saat ini di Jepang, hanya 11 persen dari jabatan manajerial tingkat menengah dan senior yang dijabat oleh perempuan. Sedangkan di jajaran jabatan komite eksekutif hanya 1 persen.


EmoticonEmoticon