Lampu Pintar Ford Bisa Deteksi Obyek di Kegelapan Sejauh 120 Meter

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 21/07/2015 12:33 WIB

Lampu Pintar Ford Bisa Deteksi Obyek di Kegelapan Sejauh 120 Meter Autoevolution
Aachen -Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Company, kini tengah mengembangkan lampu pintar yang bisa mendeteksi keberadaan orang dan hewan di kegelapan malam. Lampu dengan teknologi Camera-Based Advanced Front Lighting System disebut akan banyak membantu pengemudi di malam hari.

Seperti dilansir Autoevolution, Selasa (21/7/2015), pernyataan Ford menyebut pengembangan teknologi lampu pintar tersebut dilakukan di Ford European Research and Innovation Centre di Aachen, Jerman. Proyek tersebut merupakan bagian dari komitmen Ford untuk meningkatkan kualitas keamanan dan kenyamanan pengemudi dalam menggunakan mobil besutan pabrikan itu.

Ford mengatakan, perangkat teknologi Camera-Based Advanced Front Lighting System yang diletakan di lampu depan bisa mendeteksi delapan jenis obyek di kegelapan. Diantara obyek itu antara lain pejalan kaki, pesepeda, binatang, serta beberapa obyek lainnya.

Semua obyek itu kan memberikan stimulan sesaat setelah sinar infra merah dan terekam oleh kamera. Hasilnya, data itu langsung diolah dan memicu sinar lampu menerangi sekitar obyek tersebut, sehingga terlihat jelas oleh pengemudi. Obyek akan terlihat jelas meski dalam jarak 120 meter dari mobil.

Terlebih, lampu itu juga terintegrasi dengan global positioning system (GPS),

"Camera-Based Advanced Front Lighting akan memudahkan pengemudi di saat perjalanan malam hari, sehingga mereka lebih mudah melihat bahaya yang tak terduga," papar research engineer Lighting Systems division Ford of Europe, Michael Koherr.
Hanya, tidak disebutkan model apa saja yang bakal menggunakan lampu pintar tersebut.

(arf/arf)


EmoticonEmoticon