Meski Diprotes, Tiruan Range Rover Evoque dari China Ini Tetap Dijual

Arif Arianto - detikOto

Rabu, 22/07/2015 11:27 WIB

Meski Diprotes, Tiruan Range Rover Evoque dari China Ini Tetap DijualLandwind X7
Beijing -Meski diprotes Jaguar Land Rover (JLR) karena dianggap menjiplak Land Rover Ranger Rover Evoque, namun pabrikan asal China, Landwind bergeming. Dia tetap akan memasarkan Landwind X7 mulai bulan depan.

Seperti dilaporkan Leftlanews, Rabu (22/7/2015), sejatinya JLR telah berupaya untuk memblokir penjualan SUV kompak itu, antara lain mengadukan cara Landwind yang disebut sebagai penjiplakan itu ke pemerintah. Namun, pihak berwenang Negeri Tirai Bambu itu menolak pengaduan tersebut.

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Saya berharap konsumen China pada akhirnya bisa melihat perbedaan dan memilih produk nyata dan yang tiruan. Kami berharap mereka menghasilkan proses aturan bagi mereka sendiri, sehingga bisa menyingkirkan praktik seperti copy-paste dari hasil kerja (pihak lain)," kata bos JLR Ralf Speth kepada Autocar India.

Konsep Landwind X7 pertama kali diperkenalkan di ajang Guangzhou Motor Show akhir tahun lalu. Saat itu sejumlah kalangan, terutama JLR merasa kaget karena desainnya sangat mirip dengan SUV kompak buatannya, Range Rover Evoque.

Namun meski sulit untuk membedakan dari Range Rover Evoque asli, dari sisi penampilan, ada juga perbedaaan, terutama dari sisi harga. Jika Evoque asli dibanderol US$ 62.000 atau sekitar Rp 824,6 juta, Landwind X7 hanya dihargai US$ 22.000 atau sekitar Rp 292,6 juta.

Mobil memiliki mesin 2.000 cc dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan. Fiturnya sudah lumayan lengkap seperti rem ABS, kontrol traksi, cruise control, keyless entry.

Sementara interiornya ada layar multimedia 10,2 inci yang bisa nyambung ke internet, fitur panoramic sunroof.


EmoticonEmoticon