Daihatsu 'Poles' Siswa di Beranda Depan Indonesia

Arif Arianto - detikOto

Senin, 21/09/2015 11:19 WIB

Daihatsu Poles Siswa di Beranda Depan Indonesia
Maratua -Sebagai bagian kepedulian sosial PT Astra Daihatsu Motor menyumbangkan 1.000 buku kepada siswa Sekolah Dasar di Teluk Harapan, Maratua, Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilakukan di sela-sela perjalanan Terios 7 Wonder 2015.

"Mengapa kami memberikan sumbangan buku ke sekolah dasar di Maratua? Karena dari hasil survei kami menunjukkan ini bahwa di sini (Maratua) buku merupakan kebutuhan mendasar," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Maratua, Kalimantan Timur, Senin (21/9/2015).

Maratua memang daerah atau pulau terluar yang berdekatan dengan Malaysia. Bahkan untuk menjangkaunya dari Berau dibutuhkan waktu 2,5 jam.

"Ya karena secara geografis jauh, jadi untuk buku-buku bagi anak-anak peserta didik itu sangat penting. Karenanya itulah prioritas kami," kata Amelia.

Sumbangan 1.000 buku tersebut diperuntukan bagi siswa 4 sekolah dasar yang ada di Maratua.

"Buku-buku itu terdiri dari buku pengetahuan umum, seperti soal alam, hutan, kelautan, sejarah, dan pengetahuan umum lainnya," tutur CSR Department Head ADM Asjoni.

Seperti halnya, Amelia, Joni mengatakan, berdasar survei yang dilakukan pihaknya buku-buku ini merupakan kebutuhan mendasar bagi anak-anak SD di Maratua.

"Kalau buku pelajaran telah cukup disediakan oleh pemerintah. Jadi kami melengkapinya," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Kecamatan Maratua, Muhdiar. Dia mengatakan, kebutuhan buku pengetahuan umum sangat diperlukan anak-anak SD untuk memperkaya wawasan sekaligus mengasah kecerdasan mereka. Apalagi, jumlah siswa SD di kecamatan itu juga terus bertambah.

"Dari empat sekolah dasar yang ada sekarang, sekitar 400-425 orang, total siswa SD," kata dia.

Dia menyebut, baru kali ini perusahaan swasta bidang otomotif yang memberi sumbangan buku. "Mudah-mudahan langkah Daihatsu diikuti oleh perusahaan lain. Sebab, kami di Maratua ini adalah beranda Indonesia. Anak-anak kita harus pintar dan cerdas," kata dia.

Coordinator Domestic Marketing Division PT ADM, Rokky Irvayandi mengatakan, komitmen terhadap pendidikan ini merupakan bagian dari empat pilar CSR Daihatsu. Keempatnya adalah, Pintar, Sehat, Sejarah, dan Hijau Bersama Daihatsu.

"Jadi kami tak hanya berpikir soal bisnis, kepedulian sosial juga menjadi tanggung jawab kami," kata dia.


EmoticonEmoticon