Waduh, Penarikan Mobil Akibat Airbag Takata Masih Akan Terjadi

Arif Arianto - detikOto
Senin, 28/09/2015 17:38 WIB

Waduh, Penarikan Mobil Akibat Airbag Takata Masih Akan Terjadi REUTERS
Washington -Penarikan puluhan juta mobil dari berbagai akibat airbag buatan Takata Corporation yang disinyalir bisa mengembang berlebihan dan meledak telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Ternyata, proses penarikan hingga kini masih harus dilakukan karena sejumlah varian buatan tujuh pabrikan ditengarai juga bermasalah akibat airbag tersebut.

Laporan yang dilansir Reuters, Senin (28/9/2015) menyebut, Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, 22 September lalu telah mengirim surat permintaan penarikan mobil ke tujuh pabrikan. Di antara pabrikan itu adalah Volkswagen dan Tesla Motor Inc.

Hanya hingga kini, Reuters masih belum berhasil mengonfirmasi VW maupun Tesla untuk mendapatkan informasi tentang perintah penarikan itu. Terlebih, NHTSA juga tidak merinci varian atau model tahun berapa yang harus ditarik.

Sementara itu, airbag Takata yang meledak berlenihan dan pecahan komponennya telah menyebabkan delapan orang meninggal, dan 100 orang lainnya terluka.

Hal itu terjadi karena ammonium nitrat yang digunakan oleh Takata Corporation sebagai propelan airbag buatannya itu tidak stabil jika terkena suhu lembab.

Akibatnya, airbag mengembang berlebihan dan akhirnya meledak. Tak kurang dari 19 juta airbag Takata telah dipasang di mobil yang dijual di Amerika Serikat.

Takata disebut sebagai satu-satunya perusahaan yang menggunakan ammonium nitrat sebagai propelan airbag.


EmoticonEmoticon