Porsche Cayman Terseruduk Panser yang Tengah Konvoi

Arif Arianto - detikOto
Rabu, 03/06/2015 16:35 WIB
Porsche Cayman Terseruduk Panser yang Tengah Konvoi
Chongqing -Sebuah kendaraan tempur milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Tiongkok menyeruduk Porsche Cayman yang melaju di sisinya saat kedua kendaraan itu berjalan bersebelahan di sebuah terowongan di Chongqing, Tiongkok.

Pengemudi panser buatan Tiongkok PTL-02 itu kesulitan melihat kondisi jalan sekelilingnya meski telah dilengkapi kaca spion.

Seperti dilaporkan Car News China, kecelakaan itu terjadi pada siang hari dan sesaat tank yang merupakan salah satu dari iring-iringan kendaraan tentara melintasi terowongan.

Pada saat yang sama sebuah Porsche Cayman berkelir kuning yang berisi tiga orang juga melintas di lajur sebelahnya.

Entah apa alasannya, tiba-tiba panser tersebut berpindah jalur, sang pengemudi nampaknya tak melihat kondisi sekitar jalan, termasuk di lajur sampingnya, sehingga tiba-tiba mengalihkan laju kendaraannya.

Tak dinyana, kendaraan tempur itu langsung menabrak bagian samping Porsche tersebut. Sontak para penumpang Porsche – yang satu diantaranya perempuan – ketakutan. Maklum, kendaraan tempur itu berukuran besar dengan bobot 19.000 kilogram.

Terlebih, pada bagian depan kendaraan berlapis baja itu juga terdapat moncong meriam berukuran 100 milimeter. Tenaga kendaraan itu tercatat mencapai 320 hp yang dihasilkan oleh mesin diesel delapan silinder ber-turbocharger. Laju kecepatan mencapai 85 km/jam.

Lantas mengapa panser tiba-tiba seenaknya berpindah lajur? Karena kendaraan itu tak dilengkapi sensor untuk mendeteksi kondisi lalu lintas. Dan apesnya, ternyata - entah karena alasan apa – pengemudi tak melihat spion.

Selain itu, iring-iringan ini juga tak seperti biasanya. Jika lazimnya dikawal oleh polisi militer, ternyata kali ini tidak. Walhasil, terjadilah kecelakaan itu.


EmoticonEmoticon