Awas, Child Seat Mengandung Senyawa Kimia Berbahaya

Arif Arianto - detikOto
Jumat, 05/06/2015 13:02 WIB


Awas, Child Seat Mengandung Senyawa Kimia Berbahaya
California -Anda menggunakan kursi tambahan untuk anak-anak balita di mobil alias child car seat? Sebaiknya menyimak informasi ini. Sebuah lembaga nirlaba di Barkeley, California, Amerika Serikat Ecology Center, menyebut beberapa kursi tambahan untuk anak yang kini beredar di pasaran menggunakan bahan kimia berbahaya.

Lembaga yang didirikan sejak 1969 itu mengaku telah meneliti 15 merek car seat yang saat ini dijajakan di berbagai negara. Dari jumlah itu 73 persen diantaranya mengandung flame retardants halogenasi berbahaya.

Sementara, setengah dari kursi yang diteliti diketahui menggunakan zat non-halogenasi flame retardants organofosfat. Zat tersebut juga tergolong bisa berbahaya.

Pabrikan pembuat kursi itu menggunakan zat kimia berbahaya itu sebagai bahan tambahan pembuatan kursi untuk meningkatkan kenyamanan produk mereka.

Pengujian yang dilakukan terhadap kursi tambahan untuk anak-anak itu untuk mengetahui kandungan brom, klorin, timbal, serta logam berat lainnya. Unsur-unsur itu sangat berbahaya bagi tiroid, gangguan pada memori manusia, penurunan kesuburan, masalah pada tingkat kecerdasan, perubahan perilaku, bahkan bisa memicu kanker.

Jika ursi yang menggunakan bahan itu terpapar sinar ultra violet dari sinar matahari atau terpapar hawa panas, maka zat-zat kimia berbahaya itu akan terlepas dan menyebar ke seluruh ruang kabin mobil. Celakanya, jika itu terhirup, terutama oleh anak-anak balita yang menggunakannya, maka risiko akan mereka dapatkan.

"Kursi mobil memang (dimaksudkan untuk) menyelamatkan nyawa. Ini benar-benar penting bahwa orangtua menempatkan anak-anak mereka di dalamnya saat mengemudi, terlepas dari tingkat kualitas kursi itu,” papar Direktur Ecology Center, Jeff Gearhart, seperti dilansir HealthyStuff.org.

 Namun, kata dia, penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa kursi mobil mengandung bahan kimia lebih berbahaya. Bahkan potensi bahaya itu lebih besar dengan ancaman risiko jikja tak menggunakan kursi tersebut. “Beberapa perusahaan telah membuat langkah besar yakni dengan membuat produk yang lebih sehat,” ucap Gearhart.

Merek child seat yang mendapatkan rating bagus adalah Britax Frontier, Britax Marathon dan Clek Foonf. Sementara Graco My Size 65 dan Baby Trend Hybrid 3-in-1 mendapatkan rating yang buruk.

Berikut hasil ratingnya:

\





EmoticonEmoticon