Skuter Listrik Ini Karya Mantan Insinyur Raksasa Internet Baidu

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 02/06/2015 14:16 WIB

Skuter Listrik Ini Karya Mantan Insinyur Raksasa Internet Baidu Quartz
Beijing -Seorang insinyur mantan kepala divisi teknologi di perusahaan pencarian internet di Tiongkok, Baidu, menciptakan sebuah skuter listrik yang menggabungkan desain Vespa dan teknologi baterai listrik milik mobil Tesla. Pakar teknologi bernama Li Yinan itu pun mendirikan perusahaan anyar yang bernama Niu yang berarti Banteng.

Seperti dilansir Quartz, Selasa (2/6/2015) skuter listrik bernama N1 smart e-scooter itu menggunakan baterai ion-lithium seberat 10 kilogram. Jika baterai terisi penuh, skuter bisa melaju hingga jarak 100 kilometer tanpa henti.

“Li mengatakan, motor listrik untuk skuternya itu buatan pabrikan pembuat suku cadang asal Jerman, Bosch,” tulis laman ini.

Ihwal nama Niu atau Banteng itu, Li berujar bahwa hal itu tak lepas dari sejarah manusia. Dalam sebuah wawancara dia mengatakan, “Nenek moyang kita dulu bekerja di punggung kerbau. Sekarang kita ingin orang-orang muda kembali ke 'Niu' atau Banteng dan menjadikannya sebagai ikon keren,”

Li memang dikenal sosok yang mumpuni di bidang teknologi, setidaknya di Negeri Tirai Bambu. Dia tercatat menjadi mahasiswa pada usia 15 tahun, dan menjadi wakil direktur di pabrikan telekomunikadsi kondang Tiongkok, Huawei di usia sangat muda.

(arf/arf)


EmoticonEmoticon