Bea Masuk Naik Jadi 50%, Pasar Mobil Mewah Bakal Makin Lesu

Arif Arianto - detikOto
Jumat, 24/07/2015 15:07 WIB

Bea Masuk Naik Jadi 50%, Pasar Mobil Mewah Bakal Makin Lesu REUTERS
Jakarta -Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 132/PMK.010/2015 menetapkan tarif bea masuk baru bagi mobil yang dirancang untuk pengangkutan orang sebesar 50 persen. Kebijakan ini dikhawatirkan sebagian kalangan bakal memicu persepsi negatif berupa ketidakpastian investasi di Indonesia.

“Kalau bicara soal dampak terhadap pasar mobil impor, tentunya sudah pasti ada, karena PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) kan tahun lalu sudah naik dari 75 menjadi 125 persen. Nah sekarang ada lagi kenaikan tarif bea masuk lagi,” tutur General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja saat dihubungi di Jakarta, Jumat (23/7/2015).

Menurut Adrian, dengan dikereknya tarif bea masuk impor mobil itu, pasar mobil terutama mobil impor akan semakin lesu. Namun, dia melanjutkan, dampak yang paling besar sebenarnya bukan pada semakin lemahnya pasar, tetapi persepsi tentang perekonomian Indonesia di mata investor asing.

“Jadi sekarang kita ingin tahu dulu, apa tujuan sebenarnya dari kebijakan ini? Apakah untuk menumbuhkan industri dalam negeri? Meningkatkan pendapatan dari pajak impor? Asal tahu saja, impor kita (mobil) saat ini telah jauh menurun. Jadi, tujuan meningkatkan pendapatan, tidak tepat,” kata Adrian.

Padahal, kata Adrian, saat ini sejatinya Indonesia dilirik investor asing setelah perekonomian Eropa lesu karena dipicu krisis di Yunani dan melemahnya perekonomian Turki. Banyak sekali dana dari kawasan itu yang ingin disalurkan ke Asia dan sebagian ke Amerika.

Namun, investor itu akan kembali bersikap menunggu jika kebijakan perpajakan terus mengalami perubahan. Terlebih perubahan itu berisi kenaikan tarif bea masuk impor.

“Kalau mobil kan kecil impornya, Lexus saja penjualan setiap tahunnya sekitar 600 unit. Jadi, bagi kami yang penting bukan dampaknya ke pasar, tetapi kontraproduktif terhadap perekonomian nasional,” ucap Adrian.


EmoticonEmoticon