laporan dari GIIAS 2015 : Toyota Bikin Yaris Versi Crossover dan Atap Terbuka

Arif Arianto - detikOto
Minggu, 23/08/2015 18:11 WIB
Toyota Bikin Yaris Versi Crossover dan Atap Terbuka
Jakarta - Selain memajang beberapa mobil keluaran terbaru dan yang tengah dipasarkan di Tanah Air, PT Toyota-Astra Motor, juga menyuguhkan hasil kreasi para desainer mudanya di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Beberapa di antara model dengan sentuhan tangan desainer Indonesia itu adalah, Toyota Yaris versi crossover dan cabriolet.

Sejumlah pengunjung GIIAS yang berasal dari Singapura, Hong Kong, India, serta lokal pun terkagum-kagum dibuatnya.

“Ini sudah diproduksi ya? Khusus Indonesia ya?,” tanya Richard Lee, seorang jurnalis asal Hong Kong saat bertemu detikOto di booth Toyota di arena GIIAS 2015, ICE-Serpong, Tangerang Selatan.

Tak hanya Lee, berberapa pengunjung lain juga terkesima dengan penampilan Yaris dengan dua versi itu. Tak sedikit diantara mereka yang memotret hingga detail-detial mobil.

Lantas akankah mobil-mobil itu segera diproduksi oleh TAM?

“Jadi begini, kita kan mempunyai banyak desainer-desianer. Merekalah yang terlibat dalam proses peerancangan berbagai model yang kami buat. Nah, di ajang ini (GIIAS), kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk menampilkan dan mengekspresikan kemampuan mereka, kreativitas mereka,” tutur Marketing Director TAM, Rahmat Samulo kepada detikOto.

Tak hanya itu. Menurut Samulo, kehadiran model-model itu sekaligus juga untuk mengetahui respon masyarakat terhadap varian – Yaris crossover dan cabriolet - tersebut. Sehingga, lanjut dia, TAM mendapatkan masukan baik untuk langkah pengembangan gaya desain model-model terbaru yang disukai masyarakat, atau untuk memproduksi mobil yang dipamerkan itu.

“Ya bisa saja terjadi, jika ternyata respons masyarakat bagus, kenapa enggak (diproduksi),” kata Samulo.

Hanya, dia menyebut adalah terlalu dini untuk membicarakan soal proses produksi. Namun yang pasti, sebut Samulo, dengan menampilkan karya para desainer itu, TAM telah memberikan apresasi kepada mereka atas hasil karya mereka sekaligus memberikan rangsangan untuk terus berkarya karena mendapatkan masukan dari masyarakat.



“Apalagi pameran ini berskala global, pengunjungnya dari berbagai negara. Artinya, tampil di sini, para desainer muda itu juga telah go global,” ucapnya.

Adapun Toyota Yaris yang merupakan hatchback lima pintu, telah berubah dengan karakter SUV yang begitu kental.

Lengkungan roda yang menonjol kuat mencirikan sebuah karakter SUV. Begitu pun lampu depan yang dihubungkan garis berlelir hitam dengan bumper, serta pelek berukuran besar dengan lima palang berbentuk double atau ganda.


EmoticonEmoticon