-->

Pasar Mobil Lesu, Pertamina Prediksi Penjualan Oli Turun 7 Persen

Arif Arianto - detikOto
Senin, 24/08/2015 12:58 WIB
Pasar Mobil Lesu, Pertamina Prediksi Penjualan Oli Turun 7 Persen
Tangerang Selatan - Lesunya perekonomian yang berdampak kepada penjualan kendaraan bermotor baru telah dirasakan produsen oli di Tanah Air. Penjualan oli untuk kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor diperkirakan melorot hingga 7 persen.

“Dengan kondisi seperti ini (lesunya pasar) tentu berdampak kepada penjualan oli. Baik di pasar OEM (Original Equipment Manufacturer) maupun pasar replacement (penggantian),” tutur Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Gigih Irianto kepada detikOto saat ditemui di sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE, BSD, Tangerang selatan.

Namun, Gigih, mengaku optimistis kondisi ekonomi segera membaik. Soalnya, kondisi yang ada saat ini bukan karena fundamental ekonomi nasional tetapi juga dikarenakan faktor eksternal. “Karena itu, kami terus menggenjot ekspor. Misalnya, saat ini kami meluncurkan pelumas untuk supercar, mobil sport, dan mobil premium lainnya. Ini sudah diakui dan digunakan oleh Lamborghini di ajang balap,” paparnya.

Pabrikan oli pelat merah ini, selama ini menguasai 60 persen pangsa pasar oli di Tanah Air hingga 60 persen, baik segmen pasar industri maupun segmen kendaraan bermotor. Adapun di segmen industri penurunan diperkirakan mencapai 2 persen.

Pelumas baru varian Fastron Platinum tyang diperuntukan bagi kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi ditawarkan dalam dua varian yakni Fastron Platinum SAE OW-40 untuk kelas premium car dan sport car, dan Fastron Platinum Racing SAE 10W-60 untuk kelas sport car dan racing car. Keduanya dibanderol pada kisaran Rp 250 ribu per kemasan.

Pertamina telah melakukan joint development bersama Lamborghini untuk produk pelumas khusus Lamborghini. Pengujian terhadap pelumas Fastron dilakukan langsung di Italia. Hasilnya, Fastron Platinum Racing telah diuji dan mendapatkan approval khusus dari Lamborghini.


EmoticonEmoticon