Laporan dari Italia : Mengapa Tak Memproduksi Mobil di Luar Negeri, Ferrari?

Arif Arianto - detikOto
Senin, 14/09/2015 19:07 WIB
Mengapa Tak Memproduksi Mobil di Luar Negeri, Ferrari?Suasana di depan kantor pusat Ferrari (Arif Arianto)
Maranello - Meski permintaan mobil buatannya di berbagai kawasan – termasuk Asia – terus berkembang, namun Ferrari SpA tak akan memproduksi mobil di luar Italia agar bisa menekan harga jual seperti yang dilakukan sejumlah pabrikan mobil mewah lainnya. Alasan emosional pembeli dan menjaga eksklusivitas nilai menjadi alasannya.

Pernyataan ini dikonfirmasi langsung Head of Communication and Public Relation, Joanne Marsha saat ditemui di kantor pusat Ferrari, Via Abetonnem Inf.4 Maranello, Italia.

“Oh tidak. Itu sangat tidak mungkin, meski dari sisi peralatan, perlengkapan maupun sumber daya manusia kami sangat siap untuk melakukan hal seperti itu. Tapi itu tidak mungkin dilakukan,” paparnya.

Joanne menyebut, selain kebijakan perusahaan yang menekankan pentingnya tradisi pembuatan Ferrari, menjaga sejarah yang telah ditetapkan pendiri pabrikan, langkah itu juga untuk menjaga eksklusivitas.

Menurutnya, tentu nilai rasa yang dipersepsi pembeli akan berbeda jika sebuah model yang langsung diproduksi di Italia dan di negara lain.

“Bukan karena semata-mata kapasitas terpasang pabrik kami masih oke saja, tetapi kami berusaha untuk memproduksi di sini. Ini untuk menjaga persepsi dan emosi orang,” kata Joanne.

Arie Christopher, Chief Executive Officer Ferrari Jakarta, mengamini pernyataan Joanne. Menurutnya, hingga saat ini memang belum ada mobil Ferrari yang dibuat di negara lain, terlebih di negara-negara di wilayah Asia dengan pertimbangan untuk menekan harga.

“Keaslian, kesejarahan, keunikan, termasuk kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh Ferrari menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen. Karena Ferrari itu kan produk emosional, jadi tingkatannya sudah sangat tinggi. Jadi sepertinya tidak mungkin dibuat di luar Itali seperti halnya mass product,” ucapnya.

Bahkan, kata Arie, dengan serangkaian keaslian, kekhasan, serta keunikan yang ditawarkan oleh Ferrari di Italia itulah, orang bersedia membayar banderol yang ditetapkan.

Hal itu terlihat dari tingginya minat konsumen terhadap program personalisasi Ferrari, yakni sebuah proses penmabahan fitur tambahan yang diberikan oleh Ferrari mulai dari bahan atau jenis cat, warna kelir, lembaran kulit pelapis jok dan sekaligus gaya tampilan jok, trim pintu, dan lain-lain.

“Semua yang kami tawarkan bersifat sangat personal, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Meski, kami juga memberi opsi sesuai dengan padu-padan yang terbaik. Dengan kata lain kami juga memberi advise kepada mereka,” papar Tommaso Cai, Direktur Desain Ferrari di Program Tailor Made.

Dia menyebut, umumnya para konsumen memilih yang terbaik. Tak hanya, bahan dari kulit saja yang disediakan tetapi juga dari bahan serat karbon.


EmoticonEmoticon