Laporan dari Italia : Bangganya Orang Italia dengan Ferrari

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 15/09/2015 11:08 WIB
Bangganya Orang Italia dengan FerrariPeternak Massimo pun memimpikan Ferrari (Foto: Arif Arianto)
Maranello - Sebagai produk mewah yang telah malang-melintang di pasar global lebih dari lima dekade yang lalu, Ferrari telah digemari masyarakat di berbagai negara. Namun, kekaguman masyarakat Itali yang merupakan negeri asal Ferrari, ternyata tak kalah besarnya.

“Memang, mobil produk kami tak hanya dikagumi dan diminati orang di luar negeri tetapi juga masyarakat Itali sendiri mengaguminya,” tutur Head of Communication and Public Relation Ferrari SpA Joanne Marshall saat ditemui di kantor pusat Ferrari di Maranello, Italia.

Sejak kelahirannya 1929 dan kemudian memproduksi mobil secara independen pada 1948, kata Joanne, Ferrari terus mengembangkan produknya dengan teknologi tinggi. Selain itu desain khas Ferrari yang indah dan eksotik semakin melengkapi kehadiran teknologi canggih tersebut.

Ucapan Joanne bukanlah isapan jempol semata, saat detikOto melakukan tes drive Ferrari California T dan sempat singgah di Larica, sebuah desa yang terletak sekitar 90 kilometer dari kantor pusat Ferrari, klaim itu terbukti. Salah seorang penduduk setempat, Massimo, 44 tahun menyebut, Ferrari adalah kebanggaan orang Italia.

“Bahkan, dia (Ferrari) seolah merupakan bagian dari kelas aristokrat di Italia. Mobil ini tak hanya mendapatkan tempat di hati masyarakat, tetapi kebesaran namanya disegani dan dikagumi,” kata dia.

Pria yang berprofesi sebagai peternak sapi perah itu mengatakan, tak hanya masyarakat di luar Italia saja yang bermimpi memiliki Ferrari.

“Kami pun, orang Italia, juga memiliki mimpi yang sama. Tapi, yaa… harganya juga bisa menguras kocek kami… ha ha ha ha,” kata dia.

Soal keinginan masyarakat Negeri Pizza untuk memiliki mobil berlambang kuda jingkrak itu juga diakui Geovanni Mirco Marangoni. Penduduk Ferrara – sebuah distrik yang berjarak 35 – 40 kilometer dari Bologna, itu mengakui banyak orang Italia yang ingin memiliki Ferrari.

“Ferrari itu mobil impian setiap orang di sini. Model-modelnya dibuat secara terbatas. Tapi sayang harganya juga cukup waah..Memang banyak kok orang Italia yang memilikinya,” tuturnya saat ditemui di sebuah bar di pinggiran kota Modena.

Hanya, untuk penjualan Joanne Marshall enggan mengungkapkannya. Pun untuk pasar dalam negeri Italia. “Maaf, kebijakan perusahaan kami tidak bisa mengungkap angka penjualan. Jadi mohon dimaklumi jika kami tidak bisa membeberkan hal yang terkait dengan itu,” ujarnya tersenyum.


EmoticonEmoticon