November, Minibus Tanpa Sopir Ini Dioperasikan di Jalan Raya Belanda

Arif Arianto - detikOto
Jumat, 25/09/2015 08:29 WIB

November, Minibus Tanpa Sopir Ini Dioperasikan di Jalan Raya Belanda dok.Telegraph
Amsterdam -Negeri Belanda kini membuat satu langkah lebih maju untuk penggunaan kendaraan umum tanpa sopir alias mobil otonom. Jika selama ini mobil seperti itu sudah dioperasikan di lintasan khussus layaknya rel kereta di sejumlah negara, November nanti sebuah minibus tanpa sopir akan dioperasikan di jalanan umum di Belanda.

Seperti dilaporkan Telegraph, Jumat (25/9/2015), selama ini kendaraan otonom itu dijalankan di ParkShuttle di Rotterdam, Heathrow Pod di London dan Lutz Pathfinder di Milton Keynes.

“Dalam uji minibus telah melakukan perjalanan dalam kondisi menantang, seperti di lalu-lintas di jam sibuk, pada malam hari atau saat cuaca buruk. Sebuah ruang kontrol akan memantau kendaraan dan keselamatan penumpangnya. Kendaraan dengan enam penumpang itu kecepatan maksimum 25 kilometer per jam,” tulis media itu.

WEpods – nama minibus itu – memiliki kapasitas hingga 12 penumpang. Bentuknya kotak dan tidak membedakan antara tampang depan maupun belakang. Maklum, tidak ada bagian kemudi dan sitem kontrol lain.

Menariknya, mobil ini bisa diminta berhenti atau menuju ke tempat pemberhentian tertentu dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar.

Mobil ini mirip dengan kendaraan yang digunakan di jalur khusus di bandara. Namun, WEpods adalah bus tanpa sopir pertama yang beroperasi di jalan raya dengan situasi yang umum seperti kemacetan dan dan segala potensi lainnya.


EmoticonEmoticon