-->

Daihatsu Xenia Pakai Mesin Baru, Lebih Bertenaga

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 23/06/2015 09:08 WIB

Daihatsu Xenia Pakai Mesin Baru, Lebih Bertenaga
Jakarta -Daihatsu All New Xenia versi facelift akan diluncurkan pada 12 Agustus mendatang. Seperti halnya saudaranya, Avanza, Daihatsu Xenia versi anyar itu mengusung mesin baru berteknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligence (Dual VVT-i) sehingga bertenaga lebih besar.

“Dengan teknologi ini tenaganya lebih besar. Tapi berapa selisihnya, maaf saya tidak hafal,” papar seorang pejabat Astra Daihatsu Motor kepada detikOto di Jakarta.

Seperti halnya Daihatsu Xenia yang ada saat ini, Xenia versi terbaru itu juga bakal hadir dengan pilihan mesin 1.000 cc dan 1.300 cc. Saat ini, mesin 1.000 cc dan 1.300 cc Xenia menghasilkan tenaga 63 daya kuda dan 92 daya kuda.

Selain tenaga yang lebih besar, mesin baru itu diklaim lebih irit karena teknologi baru yang diadopsi menjadikan kerja injektor bahan bakar lebih akurat dalam menyemburkan kabut bahan bakar ke ruang bakar mesin.

“Mesin ini, termasuk yang digunakan Avanza, dibuat oleh Daihatsu Motor di pabrik Cikarang. Ini kan seperti model-model sebelumnya. Hanya, kalau Avanza kan berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc,” ucap sumber tersebut.

Meski mengusung mesin berteknologi yang sama dan diproduksi yang sama, namun berbanderol lebih murah ketimbang Avanza, sumber itu menegaskan Xenia bukanlah tipe berkualitas kedua alias KW dari saudaranya itu.

“Cara memandangnya bukan seperti itu, tetapi Xenia dibuat untuk segmentasi yang berbeda. Karena ini kan mobil kembar dan dibuat dan dipasarkan oleh dua pabrikan besar yang bersaudara, lha kalau saling kanibal kan enggak lucu. Kualitas sama, kalau pun beda itu di fitur tambahan,” paparnya.

Keduanya diluncurkan pada 12 Agustus mendatang dan hanya berselisih jam. Peluncuran Toyota Avanza akan dilakukan terlebih dahulu, dan beberapa jam kemudian Xenia. Setelah itu, semua diler di kota-kota besar di Jawa sudah menyediakan Xenia terbaru tersebut.


EmoticonEmoticon