Rem Bermasalah, Ribuan Honda Accord dan CR-V Ditarik di Australia

Arif Arianto - detikOto
Kamis, 18/06/2015 12:54 WIB

Rem Bermasalah, Ribuan Honda Accord dan CR-V Ditarik di Australia
Sydney -Honda mengumumkan penarikan 2.138 unit sedan Honda Accord dan Sport Utility Vehicle (SUV) Honda CR-V model terbaru. Keduanya ditengarai mengalami masalah pada perangkat pengereman khususnya di fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS).

Pernyataan Komisi Persaingan dan Perlindungan Konsumen Australia yang dilansir Car Advice, menyebut, sensor perangkat CMBS terlalu sensitif menafsirkan obyek di sekitar mobil. Walhasil, pengereman darurat aktif secara tiba-tiba.

"Dalam kasus yang jarang terjadi, sistem dapat menafsirkan objek tertentu di pinggir jalan seperti pagar atau logam, sebagai hambatan sehingga langsung mengaktifkan pengereman darurat melalui CMBS," bunyi pernyataan itu.

Akibat pengereman yang tiba-tiba itulah, potensi risiko kecelakaan pun juga tinggi. Namun, hingga kini tidak ada laporan kecelakaan atau korban luka yang ditimbulkan terkait masalah tersebut.

Honda Australia mengaku akan menghubungi para pemilik mobil yang ditengarai bermasalah. Adapun model yang masuk dalam daftar penarikan adalah Honda Accord model 2013 – 2015, dan Honda CR-V model 2014 – 2015.


EmoticonEmoticon