Suzuki Celerio Jadi Mobil Paling Irit di India

Arif Arianto - detikOto
Senin, 08/06/2015 08:35 WIB

Suzuki Celerio Jadi Mobil Paling Irit di India
New Delhi -Suzuki Motors Corporation telah mengembangkan mesin diesel berkapasitas kecil 8.00 cc dua silinder, E08A, untuk mobil berukuran kompak. Model pertama yang mengusung mesin adalah citycar Suzuki Celerio, sehingga bakal menjadi mobil paling irit India.

Seperti diwartakan Worldcarfans, Suzuki menyebut rata-rata konsumsi BBM Celerio diesel adalah 3,7 liter untuk jarak 100 kilometer. Blok mesin ini menggunakan bahan aluminum.

Pabrikan asal Jepang itu mengaku telah melengkapinya dengan turbocharger, dan memasang intercooler besar. Sementara tingkat rasio kompresi yang diturunkan, sehingga torsi yang dihasilkan mesin sudah cukup besar meski tingkat putaran mesin masih rendah.

Mesin 800 cc DDiS 125 itu disebut menghasilkan tenaga 48 PS pada 3.500 rpm dan torsi 125 pada putaran mesin 2.000 rpm.

Laman resmi Suzuki Global menulis, mesin ini adalah salah satu dari tiga mesin diesel yang dibuat oleh Suzuki. Dua mesin lainnya adalah 1.300 cc dan 2.000 cc. Namun dua mesin itu diproduksi dengan linsensi merek atau produsen lain.

Di Indonesia, Celerio juga sudah meluncur resmi akhir pekan lalu, mobil dijual Rp 146 juta untuk transmisi manual, dan untuk transmisi otomatis mencapai Rp 158 juta. Namun mesin yang tersedia masih bensin.

Konfigurasinya, K10B 3-silinder DOHC berkapasitas 998 cc dengan drive by wire. Mesin K10B mampu mengeluarkan tenaga maksimum 68 PS pada putaran 6.000 rpm.

Celerio tersedia dalam dua pilihan transmisi CVT dan manual. Kedua transmisi ini telah membuktikan kemampuannya pada model Suzuki yang telah ada sebelumnya.

img



EmoticonEmoticon