Hadang Nissan Juke, Tahun Depan Audi Luncurkan Q1 Terbaru

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 21/07/2015 11:58 WIB

Hadang Nissan Juke, Tahun Depan Audi Luncurkan Q1 Terbaru Autoevolution
Ingolstadt -Audi saat ini tengah sibuk menyiapkan generasi anyar crossover besutannya, Audi Q1, sebelum diluncurkan pada 2016 mendatang. Mobil yang menggunakan platform arsitektur milik VW Grup, MQB, itu diposisikan sebagai penghadang laju Nissan Juke.

Seperti dilaporkan AutoExpress dan Autoevolution, Selasa (21/7/2015), Chief Executive Officer Audi, Rupert Stadler beberapa waktu lalu menegaskan, bahwa kehadiran Audi Q1 adalah langkah untuk menggaet konsumen yang tak meminati Audi A1. Artinya, mobil itu bakal menjadi alternatif baru untuk menggenjot penjualan di segmen SUV/Crossover.

Selama ini, kata Stadler, 70-80 persen pembeli Audi A1 adalah pere,puan. Oleh karena itu, dengan hadirnya Audi Q1 akan menjadi sebaliknya, yakni konsumen pria yang bakal meminatnya. Konsumen usia muda adalah target utamanya.

"Dengan A1 kita membuktikan bahwa mobil premium tidak berarti besar , orang ingin mobil premium berkualitas tetapi tidak berarti mobil yang besar," kata Stadler.

"Q1 akan melakukan hal yang sama, dan itu benar-benar bisa melebihi harapan kita semua. Ini merupakan segmen pasar yang besar, yang menginginkan model yang kuat,”

Audi saat ini sedang membangun pabrik baru di Ingolstadt untuk memproduksi model-model baru. Stadler percaya kehadiran Q1 itu bakal bergabung dengan Q3, Q5 dan Q7 dalam mendongkrak penjualan global, dimana 50 persennya adalah varian SUV/Crossover.

Namun yang pasti, kehadiran crossover itu menjadi salah satu bagian dari perwujudan target Audi untuk memproduksi 60 model baru hingga 2020 mendatang.

Untuk mesin, sumber di Audi menyebut Q1 bakal ditawarkan dengan mesin yang dipinjam dari Audi A1, baik diesel maupun bensin. Untuk tipe dasar mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder yang selama ini juga diusung VW Up.

Kedua, mesin diesel 1.400 cc TDI dan 1.600 cc TDI. Mesin ini dilengkapi transmisi manual enam tingkat percepatan sebagai standar. Namun Audi juga bakal menawarkan transmisi DSG 10 tingkat percepatan sebagai pilihan yang juga diusung VW Passat terbaru yang diluncurkan tahun depan.

Selain mesin konvensional, Audi juga bakal menyediakan varian berteknologi plug-in hybrid. (arf/arf)


EmoticonEmoticon