Ini Mobil-mobil Mitsubishi yang Paling Laku di Kalimantan Timur dan Utara

Arif Arianto - detikOto
Rabu, 12/08/2015 12:56 WIB

Ini Mobil-mobil Mitsubishi yang Paling Laku di Kalimantan Timur dan Utara
Balikpapan -Penjualan mobil Mitsubishi di wilayah Kalimantan terutama Kalimantan Timur dan Utara, terus bertumbuh meski dalam dua tahun terkena dampak melemahnya pasar otomotif dalam beberapa tahun terakhir. Lantas, model apa saja yang paling banyak diminati?

"Yang paling banyak diminati adalah, jenis kendaraan komersial. Terutama light truck seperti Mitsubishi Triton," papar Coordinator Area Mitsubishi Mitsubishi Kalimantan Timur dan Utara,Surono RA, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/8/2015).

Menurutnya, dari kendaraan komersial itu, porsi penjualan Mitsubishi Triton mencapai 30 persen, Colt Diesel 28 persen, pikap kecil yakni L200 dan T-120 sebanyak 20 persen, dan truk Fuso 5 persen.

Sementara untuk segmen kendaraan penumpang, sebut Surono, porsi penjualannya 20 persen.

"Mengapa penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi lebih kecil (dibanding merek lain)? karena Mitsubishi hanya memiliki tiga produk mobil penumpang, yakni Pajero Sport, Outlander dan Miragen" ucapnya.

Sedangkan, penjualan MPV medium Mitsubishi yakni Delica disebut masih relatif sedikit. Sehingga, pangsa pasarnya pun relatif kecil. Meski begitu, Surono mengaku optimistis ke depan pangsa pasar mobil penumpang Mitsubishi akan meningkat.

Hal itu bukan karena berkembangnya ekonomi wilayah semata, tetapi juga semakin dikenalnya produk-produk Mitsubishi. Dia menyebut, dua wilayah ini, yakni Kalimantan Timur dan Utara memiliki potensi sumber daya ekonomi yang besar. Bukan hanya pertambangan saja, tetapi juga perkebunn dan bahkan tambak atau sektor maritim.

Dua sumber ekonomi itu, jika dikembangkan akan menarik investor yang diikuti bertambahnya jumlah penduduk. Jika ekonomi dan penduduk berkembang, maka kebutuhan sarana tranportasi baik komersial maupun penumpang juga akan bertambah.

"Saya melihatnya, sperti itu. Jadi kami yakin Mitsubishi bakal berkembang," kata dia.

Di kedua wilayah itu terhadap penjualan Mitsubishi di Kalimantan mencapai 43 persen. Sedangkan di tingkat nasional, penjualan di Kalimantan Timur dan Utara, baru mencapai 4 persen.


EmoticonEmoticon