Penyerapan Mitsubishi Triton Terbanyak Ada di Jawa

Arif Arianto - detikOto
Rabu, 12/08/2015 08:52 WIB

Penyerapan Mitsubishi Triton Terbanyak Ada di Jawa
Balikpapan -Selama ini pikap Mitsubishi Triton menjadi kendaraan angkutan operasional di areal pertambangan dan perkebunan yang kerap berada diluar pulau Jawa. Namun, faktanya pernyerapan mobil itu terbanyak justru di pulau Jawa.

“Memang, faktanya, penyerap terbesar Mitsubishi Triton dalam daftar pemasaran kami adalah pulau Jawa. Mengapa demikian? Ada beberapa hal,” tutur Head of Public Relation PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi Indonesia), Intan Vidiasari, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/8/2015).

Pertama, kantor pusat perusahaan pertambangan, perkebunan, atau perusahaan sektor lain yang beroperasi di luar pulau Jawa, umumnya berada di Jakarta. Mereka membeli pikap Mitsubishi itu di Jakarta. “Kemudian, dari Jakarta, mobil-mobil itu dikirim ke luar (pulau) Jawa,” kata Intan.

Kedua, selain pembelian oleh perusahaan atau fleet market, di pulau Jawa juga berkembang segmen pasar individu alias pehobi. Tren pasar ini terus berkembang dari waktu ke waktu.

“Para pehobi itu, memang tidak banyak dibanding pasar fleet dan semi private, tetapi terus bertambah. Ini dikarenakan keunggulan yang ditawarkan Mitsubishi juga semakin bertambah, juga karena tren gaya hidup di masyarakat,” ujar Intan.

Para pehobi tersebut tak hanya mengikuti gaya hidup dinamis, macho, sekaligus merngutamakan kenyamanan. Gaya hidup seperti itu, kata Intan, iuga mewabah di berbagai negara. “Dan Mitsubishi Triton terus menyuguhkan keunggulan seperti itu,” klaimnya.

Data menunjukan, penyerapan Mitsubishi Triton di pulau Jawa mencapai 39 persen. Kemudian di Sumatera sebesar 27 persen,dan Kalimantan 34 persen.

Sedangkan total populasi pikap Mitsubishi Triton di Indonesia, baik varian single cabin maupun double cabin, sejak diluncurkan pada 2002 hingga kini telah mencapai sekitar 50 ribu unit. Mereka tersebar di berbagai wilayah, tak hanya di tiga wilayah utama penyerapan, Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Soalnya, banyak pembeli individu yang juga membawa mobilnya ke luar wilayah tersebut.


EmoticonEmoticon