Sesaat Diluncurkan di Balikpapan, 150 Mitsubishi Triton Anyar Terpesan

Arif Arianto - detikOto
Kamis, 13/08/2015 08:27 WIB

Sesaat Diluncurkan di Balikpapan, 150 Mitsubishi Triton Anyar Terpesan
Balikpapan -PT Mandau Berlian Sejati, diler Mitsubishi di wilayah Kalimantan Timur dan Utara, Rabu (12/8/2015) kemarin resmi meluncurkan generasi terbaru pikap Mitsubishi Triton yakni Mitsubishi All New Triton, di Balikpapan, Kalimantan Timur. Menariknya, hanya dalam hitungan jam, versi anyar pikap itu telah terpesan 150 unit.

"Sampai saat ini (setelah peluncuran, pukul 11.00 waktu setempat) All New Triton, sudah terpesan 150 unit. Pemesan umumnya dari segmen pasar semi private, dan fleet market," tutur Coordinator Area Mitsubishi Mitsubishi Kalimantan Timur dan Utara, Surono RA, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/8/2015).

Menurutnya, penyerap terbesar pikap Mitsubishi di Kalimantan Timur adalah kalangan perusahaan rental mobil yang menyewakan pikap-pikap Mitsubishi untuk perusahaan tambang atau perusahaan lainnya. Porsi penyerapan oleh perusahaan jasa penyewaan mobil itu mencapai 60 persen.

"Sedangkan yang langsung oleh perusahaan tambang atau individu untuk usaha dan hobi, sekitar 40 persen," ucap Surono.

Pemesanan hingga 150 unit ini, lanjutnya, merupakan awal yang sangat bagus, sebab terjadi hanya beberapa jam setelah peluncuran dilakukan. Lebih dari itu, saat ini sektor pertambangan--khususnya batubara--terbilang masih lesu darah.

"Tetapi, kita masih yakin karena sub sektor pertambangan lainnya, yakni minyak dan gas masih oke pasarnya. Jadi permintaan kendaraan operasional pun terus mengalir," paparnya.

Terlebih, perusahaan-perusahaan tambang penyewa pikap, umumnya minta unit-unit yang baru. Maklum, selain diharapkan bisa menunjang kegiatan operasional agar lancar, juga faktor keamanan bagi karyawan penggunanya.

Sebab, jika ada kecelakaan kerja--termasuk saat menggunakan alat transportasi--maka perusahaan akan terkena sanksi. Minimal reputasinya akan jelek.

Lantaran itu pula, saban tiga tahun, perusahaan rental penyedia mobil pikap juga melakukan peremajaan armada yang mereka sewakan. Surono menyebut, penyerapan pikap Mitsubishi di Kalimantan Timur cukup besar.

Porsinya terhadap penjualan pikap Mitsubishi secara nasional mencapai 22 persen. Sementara, jika digabung dengan penyerapan di Kalimantan Utara, kontribusi penjualannya terhadap total penjualan di wilayah Kalimantan mencapai 43 persen. Dengan melihat pemesanan sesaat setelah peluncuran ini, Surono mengaku yakin target pangsa pasar sebesar 60 persen dari total penjualan pikap--seluruh merek--di Kalimantan Timur dan Utara pada tahun ini bakal tercapai.

"Kami menargetkan, tahun ini bisa menjual 1.400 unit. Sepanjang semester pertama kemarin, atau dari Januari hingga Juni, kami sudah menjual 700 unit, jadi 50 persen sudah tercapai. Sehingga target tahun ini, sebanyak 1.400 unit bakal tercapai," kata dia.


EmoticonEmoticon