Tiga Faktor Ini Diklaim Memompa Keandalan Mitsubishi Triton Terbaru

Mobil Baru

Arif Arianto - detikOto
Senin, 10/08/2015 12:47 WIB

Tiga Faktor Ini Diklaim Memompa Keandalan Mitsubishi Triton Terbaru dok KTB
Serpong -Generasi anyar atau generasi kelima pikap Mitsubishi Triton telah diperkenalkan ke kalangan media di Serpong, hari ini, Senin (10/8/2015). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menyebut keandalan pikap itu meningkat berkat beberapa faktor. Apa saja?

Menurut Group Head of MMC Sales PT KTB, Imam Choiru Cahya, faktor-faktor pendongkrak aspek kenyamanan yang utama adalah, penyempurnaan pada bagian mesin, pengaplikasian teknologi Mitsubishi, serta pengembangan suspensi dan struktur bodi yang lebih kuat.

Imam menyebut, Triton paling gres ini masih mengususng mesin legendaris 4D56 2.5L DI-D Commonrail dengan turbocharger.

Mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga yang maksimal, peningkatan output torsi dan akselerasi, dengan konsumsi bahan bakar yang tetap irit.

Pada varian Exceed A/T terdapat penyempurnaan di bagian torsi, sehingga menjadi lebih besar dan memiliki kemampuan off-road yang sama dengan varian Exceed M/T. Varian double cabin Exceed baik bertransmisi manual (M/T) maupun otomatis (A/T) memiliki tenaga maksimal 178 PS pada 4.000 rpm, dan torsi 40,8 kg.m.

"Torsi maksimal sebelumnya 35,7 kg.m pada 1.800 -3.500 rpm, sedangkan varian double maupun single cabin HDX, tenaga maksimal 110 PS pada 4.000 rpm dan torsi 20,4 kg.m pada 1.500 - 3.500 rpm. Tenaga ini meningkat, karena sebelumnya tenaga 97 PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 20,2 kg.m pada 2.000 rpm," papar Imam.

Sedangkan tenaga khas Mitsubishi yang digunakan di Triton adalah turbocharger, variable geometry turbo (VGT) serta intercooler. Dengan VGT, lanjut Imam, pada rpm rendah, sirip dalam VGT menutup dan gas buang memutar turbin lebih cepat.

Pada rpm tinggi, volume gas buang aakan padat dan mengurangi tekanan balik gas buang sekaligus menjaga kecepatan turbin. Adapun intercooler, berfungsi mendinginkan tempaeratur yang masuk melalui turbocharger ke ruang bakar, sehingga pembakaran berlangsung sempurna.

"Di bagian suspensi pada roda depan menggunakan mengalami pengembangan diameter stabilizer bar atau lebih besar, dan spring lebih kuat. Walhasil lebih mudah melewati medan berat dan meredam guncangan. "Kenyamanan pun semakin meningkat," ucap Imam.

Namun, faktor yang tak kalah penting sebagai penunjang kenyamanan adalah, penguatan rangka ruang mesin, skid plate yang dipertebal, serta penambahan volume karet body mounting.

"Bertambah hingga 119 persen dari sebelumnya, sehingga mobil lebih tahan guncangan karena lebih besar dalam menyerap getaran," imbuh Imam.


EmoticonEmoticon