Cegah Skandal Uji Emisi VW Terulang, EPA Perketat Pengujian

Arif Arianto - detikOto
Senin, 28/09/2015 08:53 WIB

Cegah Skandal Uji Emisi VW Terulang, EPA Perketat Pengujian dok.FT
Washington -Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat menyatakan akan memperketat proses dan metode uji emisi kendaraan baru menyusul skandal uji emisi mobil bermesin diesel Volkswagen (VW). Hanya, cara apa saja yang bakal memperketat uji tersebut, lembaga itu masih merahasiakannya.

Pernyataan EPA yang dilansir Auto Guide, Senin (28/9/2015) menyebut pihaknya akan menambahkan lebih banyak proses dan metode pengujian. Meski tak disebutkan perangkat yang bakal digunakan, namun dengan perangkat dan metode baru itu bakal mampu menangkal kecurangan yang dilakukan dengan cara menambahkan perangkat lunak seperti yang terjadi sebelumnya.

Bahkan metode pengujian di jalan – yang selama ini hanya untuk menguji tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar mobil berdasar jarak tempuh – juga akan dijadikan indikator utama mengetahui tingkat emisi yang dihasilkan mobil. Caranya pun berbeda dengan yang telah dilakukan selama ini.

Metode lainnya, mobil yang akan diuji diambil secara acak dan bukan hanya dari diler atau distributor melainkan juga dari tempat penyewaan atau milik pribadi konsumen. “Tapi, kami tidak akan memberitahukan apa saja yang bakal dites, bagian mana saja, dan bagaimana,” sebut EPA.

Menyinggung mobil VW, lembaga itu menegaskan bahwa mobil VW yang dilengkapi mesin disel TDI 2.000 cc belum disetujui untuk dijual. EPA masih akan memastikan lagi tingkat emisi mobil tersebut.

Selama ini EPA menjadi lembaga rujukan bagi industri otomotif dan konsumen tentang seberapa besar tingkat emisi gas CO yang dihasilkan mobil baru sebelum dipasarkan. Hasil uji lembaga itu juga menjadi ukuran apakah emisi mobil tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan atau tidak.


EmoticonEmoticon