Dengan Terios 7 Wonder, Daihatsu Gempur Pasar Kalimantan Timur

Arif Arianto - detikOto
Selasa, 22/09/2015 09:00 WIB

Dengan Terios 7 Wonder, Daihatsu Gempur Pasar Kalimantan Timur
Maratua -Penjualan mobil Daihatsu di wilayah Kalimantan Timur hingga saat ini memang tak sebanyak penjualan di wilayah Pulau Jawa, meski begitu PT Astra Daihatsu melihat potensinya menjanjikan sehingga terus berusaha menggempur pasarnya dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan memperkuat citra merek melalui Terios 7 Wonders 2015.

"Dengan kegiatan ini diharapkan awareness masyarakat terhadap brand Daihatsu, khususnya SUV Terios akan semakin kuat. Minimal, ketika mereka ingin membeli mobil, ada stock of knowledge bahwa mobil yang cocok untuk petualangan, dan sesuai dengan karakter alam di sini adalah Daihatsu Terios," papar Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT ADM, Rokky Irvayandi, di Maratua, Kalimantan Timur, Selasa (22/9/2015).

Menurutnya, penguatan citra merek tersebut sangat penting untuk dilakukan mengingat potensi pasar Kalimantan Timur yang besar. Sebagai daerah yang memiliki sumberdaya alam pertambangan batubara, kehutanan, perkebunan, gas dan minyak, wilayah itu juga memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang besar.

"Sehingga, jika nantinya wilayah sudah benar-benar berkembang dan jumlah penduduk bertambah, kegiatan produktif juga meningkat, maka kebutuhan mobil pun juga naik. Maka, pada saat itulah kami, Daihatsu, sudah siap untuk menyediakan kebutuhan masyarakat tersebut. Artinya, kegiatan Terios 7 Wonder ini memiliki tujuan jangka panjang," ujar Rokky.

Pernyataan itu diperkuat oleh Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra. Menurutnya, pijakan dari strategi pemasaran adalah pengenalan merek terhadap masyakarat.

"Dengan membangun awareness, maka brand akan menancap kuat di benak masyarakat. Maka, referensi yang akan muncul di pikiran mereka saat ditanya apa mobil yang akan dibeli? Maka akan muncul nama brand kita. Jadi, kalau awareness kuat, maka strategi penjualan juga akan semakin cepat pula dilakukan," paparnya.

Menyinggung penjualan di wilayah Kalimantan Timur, baik Amelia maupun Rokky mengatakan, hingga Juli lalu penjualan mencapai 4.221 unit. Dari jumlah itu, 53,9 persen atau 2.142 unit di antaranya adalah pikap Daihatsu Grand Max.

"Market share di Kalimantan Timur 23,6 persen. Porsi itu jauh di atas market share Daihatsu secara nasional yang sebesar 16,3 persen," kata Rokky.

Namun, melihat potensi daerah dan minat masyarakat, Rokky optimistis penjualan di wilayah ini akan terus meningkat. Terlebih, pertumbuhan jumlah penduduk juga terus naik seiring kegiatan ekonomi produktif di wilayah tersebut.


EmoticonEmoticon