Toyota Indonesia Sabet Medali di Kompetisi Keterampilan Dunia

Arif Arianto - detikOto
Senin, 07/09/2015 19:59 WIB

Toyota Indonesia Sabet Medali di Kompetisi Keterampilan Dunia dok.TMMIN
Jakarta -Dua orang karyawan yang mewakili Toyota Motor Manufacturing Indonesia berhasil medali di ajang kompetisi prototype modeling dan Medallion od Execellence di bidang Plastic Die Engineering. Keduanya merupakan lomba keterampilan di 43rd World Skills Competition yang berlangsung di Sao Paolo, Brasilia, 11 -16 September kemarin.

Siaran pers (TMMIN) yang diterima detikOto, Senin (7/9/2015) menyebut, dua karyawan yang meraih medali itu adalah, Rifki Yanto dan Hari Sunarto. “Selamat kepada Saudara Rifki Yanto dan Hari Sunarto yang telah bekerja keras mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional dan menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia sangat kompetitif,” tutur Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Menurut Warih, kompetisi Prototype Modelling adalah pembuatan prototipe atau model produk baru dengan bahan dasar chemical block. Kompetisi ini meliputi proses desain, manufacturing, finishing, pengecatan, hingga perakitan.

“Para peserta diminta untuk menciptakan prototype lengkap yang didasarkan pada data 3D CAD1 (Computer-aided Design) dan gambar 2D dengan menggunakan alat-alat dan mesin manual,” ucapnya.

Keikutsertaan dalam WorldSkills Competition ini, kata Warih, sangat berharga bagi pihaknya. Sebabm kegiatan tersebut akan mendukung peningkatan motivasi, pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas karyawan di bidang manufaktur.

Ajang WorldSkills Competition merupakan lomba dua tahunan yang digelar sejak 1950. Kompetisi itu sekaligus menjadi ajang pendidikan dan keterampilan kejuruan terbesar di dunia.

“Peserta merupakan yang terbaik yang dipilih melalui kompetisi keterampilan di negara-negara anggota yang saat ini lebih dari 50 negara di Amerika, Eropa, Asia, Pasifik Selatan, dan Afrika,” papar Warih.

Sepanjang lima kali ikut serta di ajang itu sejak 2007 lalu, atlet yang juga karyawan TMMIN berhasil mendulang dua perak, satu perunggu, dan tiga medallion of excellence.


EmoticonEmoticon