BMW, Pabrikan Mobil Paling 'Hijau'

Arif Arianto - detikOto
Jumat, 05/06/2015 09:45 WIB

BMW, Pabrikan Mobil Paling Hijau
New York -BMW AG dinobatkan sebagai pabrikan otomotif paling ramah lingkungan oleh majalah asal Amerika Serikat, News Week. Produsen mobil mewah itu meraih skor 72,2 persen.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Jumat (5/6/2015), berada di tempat kedua adalah Toyota Motor Corporation. Pabrikan otomatif asal Jepang ini membukukan skor 69,6 persen. Sementara rekan senegara sekaligus pesaing BMW, yakni Mercedes-Benz berada di urutan ketiga dengan skor 63,2 persen.

Ketiga pabrikan mobil itu masuk dalam perusahaan yang ‘paling hijau’ atau paling ramah lingkungan di antara sejumlah perusahaan dari berbagai bidang yang diperingkat oleh majalah tersebut. Penjurian pemeringkatan tersebut melibatkan berbagai lembaga dan individu yang kredibilitasnya diakui dunia.

Mereka yang terlibat antara lain Knights Capital, Human Impact + Profit (HIP) Investor Inc, para pakar terkemuka dari organisasi swadaya masyarakat, akademisi, serta para akuntan. Ada delapan bidang yang menjadi indikator penilaian.

Diantara unsur yang dinilai adalah pemanfaatan sumber energi bahan bakar, air, serta limbah yang dihasilkan selama proses produksi.

Menyinggung unsur penilaian itu yang menempatkan Toyota di urutan kedua, Toyota mengaku telah mampu menghemat penggunaan air hingga 93 juta galon air di wilayah Amerika Utara.

Pabrikan ini juga menyebut telah mengurangi penggunaan energi hingga 22 persen untuk proses produksi di wilayah yang sama.


EmoticonEmoticon